Depresi Bipolar

Depresi Bipolar – Gangguan bipolar adalah penyakit otak serius yang menyebabkan anak mengalami perubahan ekstrim dalam suasana perasaan. Suasana perasaan yang diwarnai oleh dua kutub perasaan meningkat atau manik dan perasaan menurun atau depresi dahulu ini sering disebut sebagai manik depresi namun sekarang secara resmi disebut sebagai gangguan bipolar. Anak dengan gangguan bipolar mengalami perubahan suasana perasaan mulai dari kebahagiaan atau euforia dan putus asa yang mendalam atau cenderung murung.

Depresi Bipolar

Depresi Bipolar

Depresi Bipolar

Gangguan depresi bipolar memerlukan perhatian yang serius karena merupakan gangguan kejiwaan yang kronis dan ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrem. Anak dengan gangguan ini beresiko merusak diri sendiri dan bisa berakhir dengan kematian akibat bunuh diri.

Bukan hanya orang dewasa gangguan depresi bipolar juga bisa terjadi pada anak-anak. Namun kebanyakan pasien bipolar baru didiagnosis saat beranjak dewasa. Ini karena anak-anak tidak dapat mengekspresikan perasaannya dan hanya menunjukkan gejala bipolar lewat perilakunya. Jika anak berperilaku tidak seperti anak-anak lain pada umumnya, terlihat mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem, mungkin bukan sekedar kenakalan biasa, sebaiknya orangtua cepat tanggap dan membawanya ke psikiater.

Gangguan bipolar disebabkan oleh faktor gen atau genetik yang berperan cukup besar yakni 70% oleh karena itu tidaklah heran bila di dalam keluarga orang dengan gangguan bipolar, saudara-saudara tingkat (orangtua, anak, saudara) lebih cenderung  memiliki gangguan mood darpada anggota keluarga  dari mereka yang tidak memiliki gangguan bipolar. Studi kembar menunjukkan bahwa jika salah satu kembaran memiliki gangguan mood, kembar identik adalah sekitar tiga kali lebih mungkin dibandingkan kembar fraternal memiliki gangguan mood juga.

Neurotransmitter, juga sebagai kemungkinan lainnya penyebab gangguan bipolar, beberapa studi menunjukkan bahwa tingkat rendah atau tinggi suatu neurotransmitter (zat pengantar di otak) tertentu seperti : serotonin, neropinefrin, atau dopamin adalah penyebabnya. Penelitian lain menunjukkan bahwa ketidakseimbangan zat ini adalah penyebab perubahan mood.

Gejala Depresi Bipolar

Gejala yang muncul dari depresi bipolar adalah :

Perubahan dari suasana hati :

  1. Periode yang terjadi panjang dari perasaan suasana hati yang terjadi dengan sangat ramah atau juga sangat gembira.
  2. Susana hati yang sangat teriritasi, mengalami agitasi, dan merasakan gelisah.

Perubahan atau gejala dari segi kelakuan :

  1. Berbicara dengan cepat, biasanya mereka yang mengalami hal ini akan melompat dari satu ide ke yang lain, dan mempunyai cara berpikir yang terlalu tergesa-gesa atau terlalu terburu-buru.
  2. Sanat mudah sekali untuk dikacaukan.
  3. Melakukan aktivitas tertentu yang mengarah pada tujuan yang meningkat misalnya adalah siap untuk menerima proyek yang baru.
  4. Lebih gelisah
  5. Susah tidur atau tidur tidak cukup
  6. Kepercayaan diri yang tidak real atau tidak nyata pada kemampuan orang lain.
  7. Berkelakuan dengan impulsif dan juga mengambil suatu bagian dari banyak kelakuan-kelakuan yang menyenangkan serta beresiko tinggi, misalnya adalah membelanjakan spress, seks yang sifatnya impulsif, dan juga investasi pada bisnis dengan cara yang impulsif.

Penyebab Depresi Bipolar

Faktor yang menyebabkan seseorang mengalami depresi bipolar adalah :

  1. Faktor keturunan
    Faktor genetika atau faktor keturunan merupakan salah satu hal yang umum terjadi dan merupakan penyebab dari kasus depresi bipolar menunjukkan angka sebesar 15-30% bahkan jika kedua orang tua menderita hal ini, resiko bisa naik lagi menjadi 50-75%.
  2. Faktor fisiologis
    Penyebab depresi bipolar bisa disebabkan karena keseimbangan cairan kimia yang mengalami gangguan di dalam otak yang ada dalam keadaan tidak seimbang.
  3. Lingkungan
    Keadaan diluar atau lingkungan juga memberikan peran yang besar untuk terjadinya suatu depresi bipolar. Misalnya adalah seperti keadaan lingkungan yang membuat seseorang mengalami stres, penyalahgunaan pada jenis obat-obatan yang terlarang, penggunaan jenis obat-obatan tertentu, dan terjadinya perubahan pada musim serta mengalami masalah insomnia.

Cara mengatasi depresi bipolar adalah mereka harus menerapkan gaya hidup yang sehat misalnya adalah dengan melakukan kegiatan atau juga aktivitas yang dilakukan sehari-hari dengan normal. Past memang membutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang lebih banyak lagi mengenai gangguan depresi bipolar baik dilihat dari fejala dan juga bagaimana cara mengatasi depresi bipolar yang paling abik. Sebaiknya hindarilah melakukan kegiatan atau juga aktivitas yang bisa membuat Anda menjadi stres dan carilah dukungan dari orang yang Anda percaya dan baik, serta lakukanlah manajemen hati agar bisa dengan lebih baik dikontrol.

Selain itu, hal yang dibutuhkan dan harus selalu diingat dalam menyelesaikan masalah atau mengatasi depresi adalah dengan memahami agama lebih dalam dan menjalankan semua perintah-Nya menjauhi larangan-Nya. Misalnya adalah jika seseorang yang menderita depresi bipolar beragama islam, maka Anda bisa belajar lebih dalam lagi lewat buku, lewat ustad, atau juga lewat orang-orang yang mengerti tentang agama lebih dalam agar bisa mengontrol diri Anda lebih baik lagi. Karena yang menciptkana hati serta semua bagian-bagian tubuh kita adalah Tuhan YME.

Selain itu, konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yag mencukupi untuk tubuh kita. Konsumsi jenis makanan yang mengandung antioksidan yang bisa membantu menenangkan pikiran dari stress dan depresi yang dialami. Selain itu, melakukan olahraga dengan teratur sebagai bentuk salah satu cara mengatasi depresi.

Depresi Bipolar


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Depresi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!!
=====================================


This entry was posted in Depresi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *