Depresi Masa Nifas

Depresi Masa Nifas – Seorang ibu setelah melahirkan dapat mengalami gangguan suasana perasaan, misalnya kecewa, takut, tidak sayang kepada bayi, dan rasa bersalah karena memiliki perasaan tersebut. Sekitar 80% setelah ibu melahirkan dapat mengalaminya terutama yang baru memiliki anak pertama atau merasa belum perlu memiliki anak. Fenomena ini dikenal dengan baby blues. Baby blues terjadi mulai 3-5 hari setelah melahirkan dan berlangsung dalam beberapa hari hingga dua minggu. Bila tidak ditangani dapat berujung depresi pasca melahirkan.

Depresi Masa Nifas

Depresi Masa Nifas

Depresi Masa Nifas

Sekitar 10-15 persen dari semua ibu yang baru melahirkan akan mengalami masa postpartum depresi atau Depresi Masa Nifas yang sebagian besar terjadi pada tahun pertama setelah melahirkan. Namun tidak menutup kemungkinan jika depresi pasca melahirkan ini terjadi pada persalinan kedua atau ketiga. hal ini tergantung pada faktor pencetus terjadinya.

Sindrom pasca melahirkan atau depresi masa nifas dipengaruhi oleh adanya perubahan hormon selama kehamilan dan persalinan. Selain itu ada pula faktor pencetus seperti tekanan psikologis. Sedangkan faktor yang meningkatkan resiko terjadinya kondisi tersebut adalah pola kepribadian pasien dan adanya kelainan psikologis sebelumnya.

Sindrom Depresi Masa Nifas itu bisa disebabkan karena ibu tidak siap hamil dan tidak memakai KB. Sehingga ketika menjalankan kehamilan terjadinya dengan terpaksa dan manjadi satu beban. Selain itu juga ada pula penyebab lain seperti ketidakharmonisan didalam hubungan rumah tangga, misalnya keluarga dan suami tidak mendukung kehamilannya hingga suami selingkuh.

Sindrom Baby Blues

Biasanya depresi masa nifas disebut dengan sindrom baby blues. Baby blues merupakan salah satu bentuk depresi yang biasanya menghampiri ibu-ibu setelah proses persalinan berlangsung. Selain itu juga baby blues biasanya terjadi selama beberapa minggu dengan gejala seperti mengalami kecemasan, sedih, dan peruubahan pada suasana hati serta menangis. Untuk beberapa kasus, perkembangan yang terjadi bisa menjadi semakin serius dan dari kasus baby blues biasanya akan berubah menjadi postpartum depression.

Depresi postpartum yakni adalah gangguan yang terjadi dalam hal emosional yang menghampiri ibu-ibu setelah melahirkan. Biasanya mereka akan lebih cepat lelah, mengalami gangguan pada nafsu makan dan nafsu makan atau libido yang menurun. Selain itu, pada wanita yang mengalami depresi masa nifas ini biasanya juga akan mengalami gangguan masalah selama 10 hari pertama setelah melahirkan sampai selama 1 tahun. Mereka akan mengalami keluhan penyakit insomnia serta mengalami sakit kepala.

Dalam keluarga, masalah depresi masa nifas ini akan membuat terjadinya suatu masalah seperti mengurangi fungsi dari seorang ibu jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama akan membuat keluarga tidak berfungsi dengan baik. Cara mengatasi masalah depresi masa nifas adalah dengan mengenali terlebih dahulu resiko selama prroses kehamilan dan proses persalinan berlangsung sehingga dukungan dari keluargan merupakan salah satu hal yang akan membantu menimalisir dari terjadinya suatu kemungkinan postpartum depression. Sebaiknya penuhilah waktu istirahat Anda, neuro bahan kimia yang bisa membantu untuk menangani modd yang bisa bekerja dengan lebih optimal lagi jika sedang beristirahat dengan cukup dan yang paling utama adalah di malam hari. Sebaiknya penuhi dengan menggunakan kebutuhan makanan yang bergizi dan juga mengonsumsi cairan yang cukup di malam hari. Selain itu juga adalah memenuhi kebutuhan makanan yang mengandung gizi serta mengandung cairan cukup agar bisa terhidrasi dengan lebih baik lagi. Makanan akan yang bisa membantu mengatasi masalah depresi adalah makanan yang mengandung protein serta minyak ikan.

Beberapa jenis makanan dibawah ini bisa membantu mengatasi masalah depresi adalah ;

  1. Kacang almond
    Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang mengandung magensium tinggi. Dan jika tubuh mengalami kekurangan asupan magnesium maka bisa menyebabkan atau memproduksi neuropathologies yang akan mengakibatkan terjadinya depresi. Oleh karena itulah, disaat Anda sedang mengalami depresi Anda bisa mengonsumsi makanan seperti kacang almond yang mengandung magnesium yang tinggi. Selain kacang almond, makanan lain yang mengan magnesium adalah kacang hitam, bayam serta kentang.
  2. Seafood
    Radikal bebas yang menyerang tubuh disaat seseorang mengalami stres adalah salah satu penyebab dari pencetus terjadinya depresi. Radikal bebasĀ  ini akan membunuh sel-sel hidup di dalam tubuh yang alami yang lebih mengarah kepada masalah psikis seseorang. Mengonsumsi makanan dengan cara yang teratur seperti mengonsumsi makanan laut ikan salmon, ikan tuna, atau juga ikan haring akan membantu mengatasi depresi akibat radikal bebas. Dan jika radikal bebas sudah dihilangkan biasanya seseorang akan lebih merasa tubuhnya jadi segar dan bugar kembali.
  3. Susu
    Jika Anda sedang mengalami depresi, maka minumlah susu atau juga jenis produk susu yang lain misalnya adalah seperti yoghurt yang akan membantu memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Kandungan omega-3 yang ada di dalam susu merupakan asam lemak yang tinggi yang bisa membantu membuat tubuh Anda menjadi lebih segar dan bisa lebih positif lagi dengan cara mengurangi radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Namun, pastikan terlebih dahulu untuk tidak menambahkan jumlah kafein ke dalam susu karena bisa membuat kondisi depresi semakin parah dalam jangka waktu yang lebih panjajng.
  4. Ayam
    Ayam mengandung kandungan protein serta mengandung kandungan asam amino esensial yang disebut dengan kandungan tirosin yang bisa membantu untuk membersihkan dan menjernihkan pikiran serta membantu meningkatkan energi Anda dalam sepanjang harinya.

Depresi Masa Nifas


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Depresi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!!
=====================================


This entry was posted in Depresi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *