Depresi Pada Kaum Wanita

Depresi Pada Kaum Wanita – Wanita lebih mudah terkena depresi, bahkan angkanya dua kali lipat lebih banyak ketimbang laki-laki. Depresi bukanlah kelemahan, kemalasan, atau bagian normal dari wanita, Depresi Pada Kaum Wanita adalah suatu gangguan medik yang memerlukan pengobatan. Depresi pada wanita umumnya antara lain pengaruh hormonal. Hormon tidak stabil selain dikarenakan siklus haid, wanita akan menjadi rentan depresi bila memiliki riwayat keturunan depresi. Dan, satu lagi pemicunya adalah pengaruh sosial budaya.

Depresi Pada Kaum Wanita

Depresi Pada Kaum Wanita

Depresi Pada Kaum Wanita

Depresi Pada Kaum Wanitamuncul akibat kombinasi beragam hal. Faktor eksternal yang muncul misalnya konflik keluarga, konflik interpersonal, kehilangan teman atau keluarga, perubahan musim, akibat obat-obatan (antihipertensi, kontrasepsi oral, kortikosteroid) serta alkohol dan akibat penyakit medis seperti penyakit stroke atau penyakit parkinson.

Faktor internal yang bisa memperngaruhi munculnya Depresi Pada Kaum Wanita antara lain pengalaman buruk masa lalu, kepribadian seseorang yang memang buruk (mudah mengkritik diri sendiri, mudah khawatir, pemalu, sensitive), akibat melahirkan, menopause, dan faktor keturunan yang menyebabkan terjadinya perubahan kimia dalam otak.

Gejala Depresi

Gejala stress atau depresi pada kaum wanita ditandai dengan beberapa hal dibawah ini :

  1. Depresi yang diakibatkan karena sulit fokus
    Depresi bisa mengganggun dungsi kognitif bagian organ otak yang bisa membuat penderitanya menjadi sulit dalam berkonsentrasi pada pekerjaan yang sedang dilakukannya. Dan umumnya pada penderita depresi, biasanya mereka akan sulit dalam mengambil suatu keputusan dan tidak bisa fokus dengan baik dan tidak bisa berpikir jernih seperti yang biasanya dilakukan. Kemungkinan dari depresi dalam hal ini biasanya diakibatkan karena waktu istirahat yang kurang atau juga karena kelelahan yang pada akhirnya mengakibatkan tubuh mengalami stres dan pada akhirnya berpengaruh ke otak.
  2. Sering terbangun tengah malam
    Terdapat suatu perbedaan yang paling utama dari penderita susah tidur atau insomnia dengan penderita depresi. Pada penderita depresi, biasanya mereka masih bisa tidur namun di malam harinya mereka akan terbangun secara tiba-tiba dan biasanya hal ini akan terjadi beberapa kali dalam hitungan satu malam saja. Otak yang tidak memasuki keadaan istirahat saat tidur dan biasanya akan terus aktif untuk bekerja membuat saat penderita bangun mereka akan merasakan kelelahan dan pusing.
  3. Sakit maag
    Depresi pada kaum wanita yang menunjukkan gejala sakit maag. Ada suatu hubungan antara faktor fisik dengan faktor psikis. Masalah fisik biasanya mengakibatkan psikis seseorang mengalami gangguan dan begitu juga jika psikis seseorang terganggu maka akan berdampak pada fisik seseorang. Orang yang biasanya mengidap suatu penyakit yang kronis mempunyai resiko mengalami depresi 3 kali lebih besar dibandingkan dengan orang yang sehat dan normal. Itu mengapa salah satu cara menghilangkan atau menyembuhkan penyakit dengan cara berpikir positif adalah salah satu jalan alternatifnya.
  4. Depresi akibat mudah marah
    Disaat depresi sedang terjadi pada wanita atau pada pria, maka hal ini biasanya akan menunjukkan suatu keadaan mental yang tidak stabil dan juga lebih sensitif. Selain itu, pada wanita biasnaya juga ditunjukkan dengan cara menangis dan sementara pada pria biasanya mereka akan marah-marah tanpa menunjukkan kejelasan yang pasti.

Cara Mengobati Depresi

Cara mengobati depresi bisa dilakukan dengan minum obat-obatan tertentu yang diresepkan oleh dokter. Selain itu juga perlunya melakukan terapi konseling atau juga kombinasi yang dilakukan dari keduanya. Yang paling penting untuk penderita depresi adalah mereka harus merawat diri mereka sendiri dengan cara lebih sabar, melakukan olahraga dengan teratur dan juga menjaga asupan makanana yang mengandung gizi serta nutrisi yang baik. Jika depresi yang dialami masih dalam kategori yang ringan, maka sada baiknya untuk melakan konseling atau menceritakan keluhan Anda secara pribadi.

Berbagai jenis obat depresi seperti obat antidepressant memang sangat baik dalam membantu mengobati atau menyembuhkan depresi pada kaum wanita, namun pasti mempunyai efek samping misalnya adalah ketergantungan dan juga berdampak pada organ tubuh yang lain. Ada banyak macam atau jenis obat dan dokter biasanya akan memberikan jenis obat depresi sesuai dengan yang Anda alami.

Cara mengonsumsi obat anti depresi yang aman adalah :

  1. Dalam apapun kondisi Anda, baik dalam keadaan yang normal atau juga dalam keadaan saat Anda sedang hamil maka sebainya sebisa mungkin jangan mengonsumsi obat anti depresi tanpa melakukan konsultasi langsung ke dokter. Hal ini akan sangat berbahaya jika dosis yang diminum melebihi jumlah takaran yang diharuskan.
  2. Mengonsumsi obat anti depresi yang paling utama saat sedang menyusui sebaiknya jangan dilakukan. Hal ini akan berpengaruh besar pada produksi ASI. Jika dalam keadaan yang benar-benar terpaksa maka boleh mengonsumsi obat tersebut. Namun Anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk bisa memastiakn kapan obat tersebut aman untuk diminum dan kapan tidak aman.
  3. Minum pil anti kehamilan yang dibarengi dengan obat anti depresan atau obat depresi sangat tidak dianjurkan. Hal ini akan berdampak tubuh kita mengalami keracunan.

Saat ini masih banyak lagi cara menghilangkan dan cara mengatasi depresi yang dialami. Namun, langkah yang paling tepat dan langkah yang paling baik adalah dengan melakukan pencegahan. Cobalah untuk terus berserah diri kepada Tuhan YME.

Depresi Pada Kaum Wanita


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Depresi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!!
=====================================


This entry was posted in Depresi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *