Gejala Depresi Postpartum

Depresi postpartum adalah depresi yang diderita oleh seorang ibu setelah melahirkan. Gejala yang muncul pada depresi postpartum bervariasi, namun gejala yang paling sering dialami diantaranya rasa takut, sedih, mudah tersinggung, sering menangis, nyeri kepala, perasaan tidak mampu dalam mengurus bayi dan lain-lain.

Pada awalnya gejala tersebut tdiak terlalu mencolok, namun dalam waktu lama dapat menimbulkan gejala yang serius, diantaranya terus menerus lelah, tidak menikmati hidup, emosi yang membeku, menarik diri dari keluarga dan lingkungan, tidak memperhatikan bayi, tidak mampu berkonsentrasi dan sulit tidur.

Depresi pasca melahirkan tidak boleh dibiarkan terus menerus karena akan menimbulkan masalah dalam keluarga. Dampak dari sindrom pasca melahirkan yang dialami ibu bisa menyebabkan gangguan mental yang menetap, terutama jika tidak segera diatasi. Selain itu ibu juga tidak bisa mengurusi bayinya, sehingga bayi terlantar dan akan mempengaruhi kesehatan bayi karena keterbatasan upaya pemberian ASI. Kondisi itu pun juga akan mempengaruhi keharmonisan hubungannya dengan suaminya.

Sindrom postpartum ini bisa berlangsung hingga masa postpartum usai yaitu 40 hari. Jika melebihi masa itu maka bisa di tengarai kemungkinan terjadinya gangguan psikologis yang menetap. Untuk itu penanganannya membutuhkan bantuan baik dari dokter spesialis obstetri maupun psikiatri.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Depresi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!!
=====================================


This entry was posted in Depresi and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>